Topic outline

  • Selamat datang di E-Learning SD Islam Sabilillah

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

    Bagaimana khabarnya Ananda semua? Semoga tetap sehat dan siap untuk mengikuti pembelajaran melalui E-Learning.

    Untuk mengikuti pembelajaran ini,  ada beberapa hal yang harus Ananda lakukan, yaitu:

    1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar.

    2. Ananda harus mengikuti langkah-langkah pembelajaran dalam E-Learning supaya belajar dengan mudah.

    3. Apabila ada lembar kerja yang harus dikerjakan, maka harus diselesaikan supaya tugas belajarnya tidak menumpuk.

    4. Apabila ada materi pelajaran yang sulit dipahami, maka Ananda bisa menghubungi guru melalui via WA atau telpon.

    5. Jangan lupa selalu submit tugas, apabila sudah selesai.

    6. Jika sudah selesai mengikuti pelajaran di E-Learning, Ananda bisa menutupnya.

    6. Semoga Ananda tetap semangat belajar dan siap untuk kegiatan pelajaran hari berikutnya!

    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


    • Topic 1

      ·      Siswa mengamati  video lagu tentang perkenalan dengan teman baru.

                

      ·         Siswa menirukan lirik lagu tersebut.

      ·         Siswa mengamati video tentang perkenalan dengan menyebutkan nama lengkap dan pangglian.

                

       

                


      ·         Siswa mengenalkan dirinya dengan menyebutkan nama lengkap dan panggilan melalui video atau voice note di presentation tools.

      ·         Siswa mengamati video  tentang  konsep bilangan  berikut!

       


      ·         Siswa membacakan nama-nama bilangan yang terdapat dalam  video  dan menghitung jumlahnya.

      ·         Siswa mengenal dan mengetahui konsep bilangan 1-10.

      ·         Siswa mengidentifikasi bilangan 1-10 berdasarkan gambar  dalam LKS di E-Learning .

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting



    • Topic 2

      ·    Siswa membaca teks pendek tentang perkenalan dengan teman baru  

      ·         Siswa mengidentifikasi tentang ungkapan perkenalan sesuai bacaan 

      Perkenalkan

      nama saya budi utama

      saya biasa dipanggil budi

      umur saya tujuh tahun

      rumah saya di jalan selorejo 10 malang

      saya kelas 1 sd islam sabilillah malang

      nama ibu saya indah renanti

      nama ayah saya hasanudin

      nama adik saya elma izza

      nama kakak saya fahmi huda

      .         Siswa memperkenalkan diri dengan menulis  di LKS yang ada di e-learning 

      ·         Siswa mengamati teks pendek tentang perkenalan dengan teman baru dalam LKS

      ·         Siswa mengidentifikasi  nama-nama yang ada di dalam teks 

      ·         Siswa menghitung jumlah orang yang terlibat dalam teks tersebut dan membilangnya 

      ·         Siswa mengenal dan mengetahui konsep nama dan lambang  bilangan 1-10 

                

      ·         Siswa mengidentifikasi tentang nama dan lambang bilangan 1-10 di LKS di E-Learning 

      .          Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting

    • Topic 3

      ·         Siswa mengamati  gambar tentang menulis huruf a-i di buku tulis yang kotak. 

      ·         Siswa mengidentifikasi penulisan huruf vokal dan konsonan sesuai aturan yaitu jika huruf

                kapital ditulis 2 kotak, sedangkan huruf kecil hanya 1 kotak. Jangan lupa sebelum menulis    

               diberi garis tepi dan jika sudah selesai diberi garis penutup.

      ·         Siswa mempraktekkan menulis huruf-huruf vokal dan konsonan di buku tulis yang kotak.

      ·         Siswa memfoto hasilnya dan mengupload di E-Learning

      ·         Siswa mengamati video tentang nama bilangan.

                  

        ·         Siswa membacakan nama-nama bilangan yang terdapat dalam video 

      ·         Siswa mengenal dan mengetahui konsep lambang dan nama  bilangan 1-10 

      ·         Siswa menulis lambang dan nama  bilangan 1-10  dalam LKS di E-Learning 

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting


    • Topic 4

      ·          Siswa mengamati video  lagu tentang berangkat  sekolah.

                 

       

               

      ·         Siswa mengidentifikasi tentang aturan berangkat dan pulang sekolah bersama orang tua 

      ·         Siswa mendiskusikannya bersama orang tua tentang aturan berangkat dan pulang sekolah

      ·         Siswa mengerjakan LKS tentang aturan berangkat dan pulang sekolah di E-Learning  

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting


    • Topic 5

      ·         Siswa mencermati  tangga nada  berikut.

                  

       

      ·         Siswa melakukan tanya jawab di e- learning dengan fitur chatting atau layanan meeting di  e-learning 

      ·         Siswa melafalkan tangga nada sekaligus memeragakan warna suara. 

      ·         Siswa mencoba dalam sebuah lagu “perkenalan”. Siswa menghafalkan syair lagu  “perkenalan” dan menyanyikannya dengan nada yang tepat

      ·         Siswa mengirimkan rekaman lagu pada e-learning.


    • Pertemuan 6

      ·    Siswa mengamati  video lagu tentang anggota tubuh  

       

      ·         Siswa menirukan  lagu tersebut 

      ·         Setelah bernyanyi, siswa diminta mengamati gambar anggota tubuh dalam PPT di

                E-Learning (gambar tersebut belum dilengkapi dengan nama-nama anggota tubuh).


      ·         Siswa mengerjakan LKS tentang menyebutkan anggota tubuh di E-Learning 

      ·         Siswa menyanyikan kembali lagu tersebut sambil mempraktekkan berhitung sampai hafal.

      ·         Apabila sudah hafal, siswa mempraktekkan menghitung dengan jari dan divideo, kemudian            diupload di E-Learning

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting

      ·         Siswa melakukan ‘submit’ atas tugas yang dikerjakan

      ·         Doa dan salam, siswa keluar dari kursus

             

    • Pertemuan 7


      ·         Siswa mengamati PPT tentang kartu kata anggota tubuh 

      ·         Siswa membaca kartu kata tersebut dengan suara nyaring 

      ·         Siswa mengurutkan huruf acak untuk disusun menjadi kata yang benar di LKS dalam E-                         Learning 

      ·         Siswa mengamati gambar kumpulan anggota badan dalam PPT   

      ·         Siswa menghitung banyaknya benda sesuai gambar 

      ·         Siswa bersama pendamping  membahas bersama

      ·         Siswa mengerjakan LKS tentang menghitung banyaknya benda di  LKS di E-Learning 

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting


    • Pertemuan 8


      ·        Siswa mengamati  video  tentang  menulis dengan benar di buku kotak   

      ·         Siswa mempraktekkan cra posisi duduk, memegang pensil,  dan meletakkan  buku dengan bear 

      ·         Siswa menyiapkan  buku kotak dan pensil.

      ·         Siswa mempratekkan menulis huruf lepas dari huruf J sampai huruf  R di buku dengan mengikuti video 

      ·         Siswa memfoto hasil tulisannya dan diupload di E-Learning

      ·         Siswa mengamati PPT tentang  kartu bilangan 

      ·         Siswa membuat kartu bilangan 1-10 di kertas lipat 

      ·         Siswa membaca bilangan 1-10 dengan memegang kartu bilanganya kemudian di video 

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting



    • Pertemuan 9


      ·         Siswa mengamati video  tentang kegiatan makan 

       

       

       

      ·         Siwa membandingkan pengalaman sendiri ketika  makan dengan video yang diamati 

      ·         Siswa bersama pendamping mengidentifikasi aturan makan yang benar dengan melihat PPT

      ·         Siswa mengerjakan LKS tentang aturan sebelum, saat, dan sesudah makan di  e-learning

      ·         Tanya jawab di e-learning dengan fitur chatting



    • Pertemuan 10


      ·         Siswa mencermati  video tentang tari anggota tubuh di e-learning. 

       

       

      ·         Siswa menirukan gerakan tari secara mandiri di rumah. 

      ·         Siswa melakukan tanya jawab di e- learning dengan fitur chatting atau layanan meeting di e-learning 

      ·         Siswa membuat video gerakan tari yang sudah dipelajari, kemudian dikirimkan di e-learning.

      Kegiatan penutup:

      ·         Siswa melakukan ‘submit’ atas tugas yang sudah dikerjakan.

      ·         Melakukan tanya jawab, menyimpulkan materi pelajaran dan refleksi pembelajaran

      ·         Doa dan salam  (PPK religius)

      Siswa keluar dari kursus