Topic outline

  • Keragaman Budaya

    Tahukah kamu?

    Bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang terdiri lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke. Suku-suku bangsa tersebut tentu saja memiliki ciri khas masing-masing yang tercermin dari penggunaan bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, budaya yang tentu saja berbeda antara satu suku dengan suku yang lain. 

    Sekarang mari kita lihat dan pahami video di bawah ini : 

     

    Setelah menonton video tersebut, coba sebutkan apa saja unsur-unsur kebudayaan yang disebutkan pada video di atas!

    Indonesia terdiri atas beragam suku dan budaya, namun indonesia bisa mempersatukan berbagai keragaman tersebut sesuai dengan semboyan Negara Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua. Salah satu faktor yang mempererat persatuan bangsa adalah Pancasila, terutama sila ke-3 yang berbunyi "Persatuan Indonesia"

    Sekarang yuk kita jalan-jalan ke Aceh!

    Bungong Jeumpa adalah bunga kebanggaan masyarakat Aceh. Di luar Aceh, bunga ini dikenal dengan sebutan Bunga Kantil. Dahulu Jeumpa tumbuh liar di Bumi Serambi Mekkah karena Jeumpa memang tumbuhan endemik yang tumbuh subur dengan sendirinya tanpa ditanam terlebih dahulu. Pohon-pohonnya yang tinggi dan besar mampu menyangga dahan dan ranting dengan bunga yang cukup banyak sehingga mengeluarkan keharuman yang khas di Aceh.

    Ironinya, saat ini pertumbuhan Jeumpa semakin langka, semakin sulit ditemukan. Tak salah jika banyak generasi muda bertanya, “yang mana bunga Jeumpa itu?”; “seperti apa bunga Jeumpa itu?"

    Faktanya, jeumpa lebih dari sekedar bunga yang indah karena keberadaannya telah mempengaruhi banyak hal dalam kebudayaan Aceh, mulai dari upacara tradisi hingga  ukiran pada bangunan, jeumpa turut memberi nilai estetika.

    Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa. mari kita ikuti gerakan tari bungong jeumpa, silahkan klik link video ini!

    SELAMAT MENCOBA!